Selasa, 02 Oktober 2012

Perkembangan penduduk dunia


Penduduk                                                                  Perkembangan Penduduk Dunia Menggunakan Tabel. Kita bisa lihat tabel dibawah ini contoh dari tahun-tahun sebelumnya Perkembangan Penduduk Dunia pada tahun 1830 sampai 2006 di perkirakan sebagai berikut:

Tahun
Jumlah Penduduk
Perkembangan Per Tahun
1830
1 milyard
-
1930
2 milyard
1%
1960
3 milyard
1,7%
1975
4 milyard
2,2%
1987
5 milyard
2%
1996
6 milyard
2%
2006
7 milyard
2%
      Sumber Iskandar N, Does Sampurno masalah pertambahan penduduk
Kalau dilihat dari tabel di atas pertumbuhan penduduk makin cepat. Penggadaan penduduk (doeble population jangka waktunya makin singkat. Rata - rata setiap negera penduduknya bisa bertambah hingga 2x lipatnya. Lalu perkembangan penduduk dunianya bertambah hingga 3x lipatnya. Itu berarti penduduk dunia sangat pesat pertumbuhannya. Penambahan/pertambahan penduduk di suatu daerah atau negara di pengaruhi oleh faktor-faktor demografi. Adapun faktor-faktor demografi sebagai berikut:
1.      Kematian (mortalitas)
2.      Kelahiran (fertilitas)
3.      Migrasi
Di dalam pengukuran demografi ketiga faktor tersebut di ukur dengan tingkat/rate. Tingkat/rate ialah kejadian dari peristiwa yang menyatukan dalam bentuk perbandingan. Biasanya perbandingan ini dinyatakan dalam tiap 1000 penduduk.
1.      Kematian (mortalitas)
Ada beberapa tingkat kematian (mortalitas). Akan tetapi di sini di jelaskan dua tingkat kematian saja yaitu:
a)      Tingkat kematian kasar (Crude Death Rate/CDR)
Ø  Tingkat kematian kasar adalah banyaknya orang meninggal pada suatu tahun per jumlah penduduk pertengahan tahun tersebut. Secara dinyatakan tiap 1.000 orang. Sehingga dapat di tuliskan rumus sebagai berikut:


D = jumlah kematian  
CDR = jumlah kemaatian  X 1000
           Jumlah penduduk pertengahan thn.
Atau :
CDR =          D   X  K
            Pm
Pm = jumlah penduduk per pertengahan tahun
K = konstanta: 1000
b)      Tingkat kematian khusus (Age Specific Death Rate)
Ø  Karena tingkat kematian itu di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain umur, jenis kelamin, pekerjaan. Karena perbedaan resiko kematian tersebut, maka digunakan tingkat kematian menurut umur (specific death rate). Kematian ini menunjukan hasil yang lebih teliti. Karena angka ini menyatakan banyaknya kematian pada kelompok umur tertentu 1000 penduduk pada kelompok umur yang sama, maka dapat di buat rumus sebagai berikut :
Asdri =    Di    X  K
               Pmi
Di = kematian penduduk kelompok umur i
Pm= jumlah penduduk pada pertengahan tahun kelompok umur i
K = konstanta : (= 1000)
2.      Fertilitas (kelahiran)
Ø  Fertilitas adalah jumlah kelahiran hidup dari seorang wanita atau sekelompok wanita. Yang dimaksud dengan lahir hidup adalah kelahiran dengan tanda-tanda kehidupan misalnya: bergerak, bernafas, berteriak/menangis, ada denyut jantung dan sebagainya. Pengukuran fertilitas selalu didasarkan atas jumlah kelahiran hidup pada kelompok penduduk pada periode tertentu. Tinggi rendahnya kelahiran dalam suatu/sekelompok penduduk erat hubungannya dan tergantung pada: struktur umur, penggunaan alat kontrasepsi, pengangguran, tingkat pendidikan, status pekerjaan wanita serta pembangunan ekonomi. Di indonesia jumlah wanita dalam usia subur (15-49) tahun di perkirakan sekitar 23530 ribu dan jumlah kelahiran sekitar 2985 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar