Selasa, 23 Oktober 2012

pengertian pendidikan dan perguruan tinggi



Pengertian pendidikan dan perguruan tinggi
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.
Anggota keluarga mempunyai peran pengajaran yang amat mendalam — sering kali lebih mendalam dari yang disadari mereka — walaupun pengajaran anggota keluarga berjalan secara tidak resmi.
Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan awal selama 9 (sembilan) tahun pertama masa sekolah anak-anak yang melandasi jenjang pendidikan menengah.
Pendidikan menengah
Pendidikan menengah merupakan jenjang pendidikan lanjutan pendidikan dasar.
Pendidikan tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program sarjana, magister, doktor, dan spesialis yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi.
Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen.
Menurut jenisnya perguruan tinggi dibagi menjadi 2 :

1. Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang pengelolaan dan regulasinya dilakukan oleh Negara

2. Perguruan tinggi swasta, adalah perguruan tinggi yang pengelolaan dan regulasinya dilakukan oleh swasta.
Alasan untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi
            Saat seseorang itu sudah tamat sekolah atau tamat SMA maka seseorang itu sebaiknya harus meneruskan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Karna dengan dia meneruskan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi maka seseorang itu kelak akan memiliki ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat .

dimasmelodi.blogspot.com/.../pengertian-pendidikan-dan-perguruan....
bayoscreamo.blogspot.com/.../pengertian-pendidikan-dan-p...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar