Selasa, 26 April 2016

Sertifikasi Keahlian Dibidang IT, Contoh-contoh Sertifikasi Nasional dan Internasional, Serta Sertifikasi Software dan Database Development

SUMBER :
 http://yuli-lian.blogspot.com/2012/03/sertifikasi-keahlian-di-bidang-it.html
http://adamsardhy.blogspot.co.id/2014/06/sertifikasi-keahlian-di-bidang-it.html
 


Nama          : Nadia Susanti
Npm            : 18112261          
 Kelas           : 4KA30               


Sertifikasi Keahlian di Bidang IT

Sertifikasi IT menunjukkan para Professional Teknologi Informasi memiliki pengetahuan dan kompetensi yang dapat dibuktikan. Sertifikasi IT juga memberikan keunggulan bersaing bagi perusahaan, khususnya dalam pasar global karena kemampuan dan pengetahuan Profesional Teknologi Informasi dan Telekomunikasi telah diuji dan didokumentasikan.
    

A. Sertifikasi Nasional dan Internasional

1. Sertifikasi Nasional

Ada dua jenis sertifikat yang diterbitkan oleh LSP Telematika, yaitu Certificate of Competence dan Certificate of Attainment.
  • Certificate of Competence. Yaitu sertifikasi berdasarkan level kualifikasi dan jenjang jabatan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Certificate of Competence merupakan bukti pengakuan atas kompetensi seseorang setelah melakukan uji kompetensi dari suatu bidang keahlian kerja.
  • Certificate of Attainment, yaitu sertifikasi atas unit kompetensi yang jenjang jabatannya berdasarkan kebutuhan pasar.

2. Sertifikasi Internasional
  • Java. Sun menawarkan tiga jenjang sertifikasi bagi programmer Java. Dari tingkat dasar ke advanced jenjang tersebut adalah: Sun Certified Programmer, Sun Certified Developer, dan Sun Certified Architect. Setiap jenjang sertifikasi membutuhkan jenjang sebelumnya. Contoh, untuk mengambil sertifikasi Developer Anda harus memiliki sertifikasi Programmer.
  • Microsoft.net. Untuk para developer ada dua jenis sertifikat yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai pengakuan atas keahlian dalam pengetahuan dan keterampilan Microsoft .Net : Microsoft Certification Application Developer (MCAD) dan Microsoft Certified Solution Developer (MCSD).
B. Sertifikasi Software dan Database Development
  • Oracle. Oracle Certified DBA adalah sertifikasi yang menguji penguasaan teknologi dan solusi Oracle dalam menjalankan peran sebagai administrator database. Pada jalur sertifikasi ini terdapat tiga jenjang sertifikasi berikut:
    1. Oracle Certified DBA Associate 
    2. Oracle Certified DBA Professional 
    3. Oracle Certified DBA Master 
     
  • Microsoft.Microsoft menawarkan satu jenis sertifikasi untuk penguasaan teknologi produk database andalannya, Microsoft SQl Server. Microsoft Certified DBA adalah sertifikasi yang diberikan sebagai pengakuan kemampuan merancang, mengimplementasi, dan melakukan administrasi database Microsoft SQl Server.

Contoh Sertifikasi Nasional dan Internasional 

  •  Nasional :
  1. Sertifikasi sistem manajemen mutu, 
  2. Sertifikasi sistem manajemen lingkungan,
  3. sertifikasi produk,
  4. sertifikasi ekolabel
  5. sertifikasi sistem HACCP3

  • Internasional :
  1. Adobe Certification Testing 
  2. Avaya Certification Testing
  3. CompTIA Certification Testing
  4. LPI (Linux Professional Institute) Certification Testing
  5. MySQL Certification Testing
  6. Novell Certification Testing
  7. Sun Academic Initiative Certification
  8. SAP Certification Testing 
  9. VERITAS Certification Testing

      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar